Friday, March 22, 2013

KELENGKAPAN OLAHRAGA JUDO

KELENGKAPAN OLAHRAGA JUDO


Dalam kegiatan olahraga apapun dibutuhkan sarana dan prasarana untuk mencapai sasaran yang diharapkan. Demikian juga dalam pelaksanaan latihan olahraga judo, dibutuhkan beberapa sarana dan prasarana yang sekurang-kurangnya meliputi dua aspek, yaitu: tempat latihan (Dojo) dan pakaian judo (Judogi).
1.      Tempat Latihan Judo (Dojo)
Dalam latihan judo diperlukan suatu ruangan khusus yang disebut Dojo. Luasnya tidak boleh kurang dari luas ukuran tatami (matras), sebagai alas berlatih judo. Tentang hal ini Noors (2000:13) menyatakan sebagai berikut.
Ukuran sebuah tatami minimal adalah 14 x 14 meter dan maksimal 16 x 16 meter persegi. Daerah pertandingan berukuran minimal 9 x 9 meter dan maksimal 10 x 10 meter. Tiap tatami berukuran 1 x 2 meter, sehingga jumlah tatami yang dibutuhkan oleh suatu Dojo sekurang-kurangnya adalah sebanyak 128 lembar, 18 lembar di antaranya berwarna merah, sebagai pembatas daerah pertandingan.
2.      Pakaian Judo (Judogi)
Latihan olahraga judo memerlukan pakaian khusus berwarna putih yang terdiri dari celana dan baju. Sebagaimana Noors (2000:14) menyatakan bahwa:
Celana yang digunakan adalah celana panjang yang cukup longgar yang mempunyai ketinggian bagian bawah sekitar 5 cm di atas mata kaki, sedangkan baju harus tebal dan longgar. Bagian tangannya harus panjang, sekitar 5 cm dari persendian tangan dan lebarnya harus bisa dimasuki sampai batas siku, kira-kira selebar 10-15 cm.
Di samping itu para pejudo harus memakai ikat pinggang atau Obi yang warnanya sesuai dengan tingkatan yang dimiliki. Tingkatan tersebut dikenal dengan istilah Kyu serta Dan untuk menggambarkan kemampuan seorang pejudo yang rinciannya dari yang terendah sampai yang tertinggi menurut Madjid (1985:8) adalah sebagai berikut:
Kyu 5 memakai sabuk biru, Kyu 4 memakai sabuk biru, Kyu 3 memakai sabuk coklat, Kyu 2 memakai sabuk coklat, Kyu 1 memakai sabuk coklat. Untuk tingkatan Dan adalah: Dan 1 memakai sabuk hitam, Dan 2 memakai sabuk hitam, Dan 3 memakai sabuk hitam, Dan 4 memakai sabuk hitam, Dan 5 memakai sabuk hitam, Dan 6 memakai sabuk merah-putih, Dan 7 memakai sabuk merah-putih, Dan 8 memakai sabuk merah-putih, Dan 9 memakai sabuk merah, Dan 10 memakai sabuk merah. Tingkatan untuk pejudo wanita sama seperti pejudo pria.

No comments:

Post a Comment