Friday, April 26, 2013

Judo Bantu Hazard Beradaptasi di Liga Inggris

Judo Bantu Hazard Beradaptasi di Liga Inggris


TEMPO.CO, London - Pemain gelandang Chelsea, Eden Hazard, mengutarakan bahwa dirinya pernah menggeluti olahraga judo ketika masih anak-anak. Hazard menilai seni bela diri asal Jepang itu memiliki manfaat bagi dirinya saat ini. Olahraga tersebut telah membantunya beradaptasi di Liga Primer Inggris.

Meski baru bergabung dengan The Blues pada awal musim ini, Hazard langsung jadi andalan. Pemain yang didatangkan dari Lille dengan biaya sebesar 32 juta poundsterling itu sudah membukukan 10 gol, dan 12 assist bersama Chelsea di semua ajang musim ini.

Kemampuan olah bola Hazard tak perlu dipertanyakan lagi. Ia sempat jadi rebutan Manchester City, Manchester United, dan beberapa klub besar Eropa lainnya. Namun kemampuan adaptasinya juga patut diacungi jempol. Jarang ada pemain yang langsung nyetel bersama klub baru yang berada di liga berbeda.

Liga Primer dikenal sangat mengandalkan kekuatan stamina dan fisik. Hazard tentu sudah menyadari itu sebelum dirinya memutuskan ke Chelsea. Pemain asal Belgia itu pun mengakui bahwa judo telah membantunya menyesuaikan diri dengan atmosfer Liga Primer.

“Saya berlatih judo ketika masih kecil, jadi saya tahu bagaimana dijatuhkan lawan,” kata Hazard seperti dilansir Metro.co.uk, Ahad, 24 Februari 2013. “Saya cukup mendapatkan kontak fisik di Prancis. Namun di Inggris, saya belum pernah mengalami kontak fisik yang jauh lebih keras seperti inni.”

“Perbedaan Liga Prancis dan Inggris adalah intensitasnya. Di Inggris tak ada waktu untuk berhenti, tidak ada ruang untuk mengambil napas ketika pertandingan berlangsung,” ujar Hazard. “Di Inggris, 100 persen di sepanjang waktu. Di Prancis, Anda bisa saja tidak mendapatkan bola selama lima menit, beristirahat di lini depan, dan membiarkan lini pertahanan bekerja.”

METRO.CO.UK | ANTONIUS WISHNU

No comments:

Post a Comment